Mengenal Empat Kepribadian Manusia

Mengenal Empat Kepribadian Manusia

Oleh: Yanto, S.Pd, M.Ed

 

Setiap individu adalah unik. Tidak ada dua manusia yang sama sifat dan kepribadiannya. Ini berlaku juga untuk orang yang dilahirkan kembar sekalipun. Justru disitulah letak kebesaran Sang Pencipta. Dari bermiliar-miliar manusia yang pernah hidup di dunia ini, tidak satupun wajahnya yang persis sama. Tidak hanya wajah, kepribadian setiap orangpun berbeda satu sama lainnya.

 

Diantara teori tentang jenis-jenis kepribadian manusia adalah yang ditulis oleh Florence Littauer dan Marita Littauer. Dalam bukunya Personality Puzzle, mereka mengungkapkan empat kepribadian manusia Sanguinis, Melankolis, Koleris dan Plegmatis. Keempat kepribadian tersebut sangat menarik untuk dipelajari terutama bagi kita yang bekerja berhubungan dengan banyak orang. Dengan mempelajari keempat kepribadian ini, akan memudahkan kita memahami mengapa ada orang bertindak berbeda terhadap sebuah peristiwa yang sama.

 

Sanguinis Yang Populer

Orang yang berkepribadian Sanguinis dikenal dengan sikapnya yang ramah dan sangat suka bicara. Mereka akan bicara apa saja dengan Anda dengan berbagai macam topik. Mereka adalah orang-orang yang populer karena mampu mempengaruhi orang lain dengan keahliannya berbicara. Tidak heran bila mereka bisa menjadi motivator ulung. Mereka sangat suka menjadi pusat perhatian di manapun mereka berada. Mereka ingin sekali semua orang menyukai mereka. Bahkan mereka rela berbuat apapun demi menyenangkan hati orang lain. Mereka juga sangat mudah bergaul dan bersosialisasi dengan siapa saja.

 

Beberapa sifat yang menonjol dari orang Sangunis adalah bahwa mereka adalah orang yang selalu bersikap optimis. Selain itu, mereka juga humoris. Antusias dan sangat ekpesif adalah kepribadian lain yang menonjol pada mereka.

 

Tipe kepribadian Sanguinis adalah juga mereka yang memiliki impian-impian besar dalam hidupnya. Hanya saja, mereka sering kali kurang baik dalam mewujudkan mimpi mereka tersebut. Sifat kurang baik dari tipe pribadi ini adalah mereka orang yang pelupa dan terkesan kurang disiplin. Disamping itu, terkadang mereka mau melakukan apa saja demi memperoleh perhatian dari pihak lain.

 

Dalam bekerja dan belajar, orang Sanguinis tidak menyukai kegiatan yang monoton dan kurang menantang. Mereka lebih menyukai sesuatu yang baru dan inovatif. Tipe orang seperti ini sangat dibutuhkan karena mereka pintar sekali memberi semangat kepada orang lain yang kurang percaya diri.

 

Melankolis Yang Perfeksionis

Kepribadian tipe ini sangat mudah mengenalinya. Perhatikanlah teman Anda yang selalu bersikap serius dan cenderung tertutup. Mereka juga dikenal sebagai orang yang sangat rapi dan perhatian sekali pada hal-hal yang simpel. Itulah mengapa mereka dikenal sangat kritis dan dapat membaca banyak hal yang tidak tampak oleh kebanyakan kita. Analisisnya tajam dan cerdas. Kita seringkali terkagum-kagum dengan kemampuan analisis mereka.

 

Sifat perfeksionis mereka sangat jelas terlihat dari jenis pekerjaan apapun. Seorang guru yang melankolis sangat teliti dalam memeriksa pekerjaan siswanya sampai kepada hal-hal yang sangat kecil. Beruntung sekali memiliki watak melankolis seperti ini. Mereka dikenal sangat hati-hati sehingga setiap hasil pekerjaan yang mereka lakukan terlihat sangat baik.

 

Orang Melankolis juga dikenal sebagai pribadi yang sangat taat aturan. Mereka tidak mau neko-neko. Apa yang digariskan oleh aturan, maka itulah yang diikuti oleh orang Melankolis. Berbeda dengan orang Sanguinis, orang Melankolis tidak peduli pada popularitas. Mereka tidak merasa perlu menjadi pusat perhatian. Bagi mereka yang penting adalah bagaimana bersikap benar dalam setiap tindakan.

 

Hanya saja terkadang mereka terlalu perasa dan kurang fleksibel terhadap sesuatu. Mereka seringkali beranggapan bahwa cara mereka adalah yang paling benar. Hal inilah yang membuat mereka dikenal sangat kaku. Bagi yang kurang paham dengan watak mereka akan sering berbenturan bila berurusan dengan tipe Melankolis. Namun, bagi yang mengerti, akan maklum mengapa ada orang yang seperti mereka.

 

Koleris Yang Kuat

Ini adalah jenis kepribadian yang keras, tegas dan sangat kuat. Kebanyakan orang Koleris yakin bahwa mereka terlahir sebagai pemimpin. Itulah sebabnya dalam setiap kegiatan orang Koleris selalu maju ke depan untuk menjadi pemimpin. Mereka suka sekali bisa memiliki kewenangan untuk menentukan sesuatu. Orang Koleris juga sangat suka tantangan dan paling tidak suka berdiam diri. Mereka selalu menyuarakan perubahan di manapun.

 

Mereka juga bekerja berdasarkan hasil akhir. Artinya lagi, orang Koleris akan melakukan apa saja asalkan bisa memperoleh hasil akhir yang mereka inginkan. Ini sekedar membuktikan kepada orang lain bahwa mereka memang layak untuk memimpin. Dan dalam pekerjaan, biasanya mereka seringkali memperlihatkan kemandirian. Ini sekedar memperlihatkan bahwa mereka memang orang yang unggul.

 

Namun terkadang orang lain sering salah paham dengan kepribadian Koleris. Acap kali mereka dianggap egois dan terlalu ambisius. Kelemahan lain dari tipe kepribadian ini adalah mereka kadang-kadang kurang bijaksana. Bila ada yang bersikap kurang cakap menurut standar mereka, orang Koleris seringkali marah dengan menggunakan kata-kata yang agak kasar.

 

Plegmatis Yang Suka Damai

Ini adalah tipe kepribadian yang berlawanan dengan sifat Koleris. Orang Plegmatis adalah orang yang manis dan baik hati. Mereka selalu berusaha menghindari konflik dengan siapapun. Mereka seringkali jadi penengah dalam kebanyakan perselisihan. Selain itu, orang Plegmatis memiliki sifat low profile yang artinya tidak suka menjadi pusat perhatian meskipun mereka suka bersosialisasi.

 

Berbeda dengan kepribadian lain, orang Plegmatis tidak bermasalah dengan pekerjaan yang bersifat rutinitas ataupun monoton. Mereka juga lebih bersikap konservatif terhadap banyak hal. Bila orang lain menganggap sesuatu yang diulang itu membosankan, namun tidak bagi orang Plegmatis. Bagi mereka kestabilan lebih baik daripada perubahan mendadak.

 

Mereka juga susah berkata ’tidak’ bila ada orang yang meminta bantuannya. Ini disebabkan karena mereka tidak suka mengecewakan orang lain. Barangkali ini termasuk sisi lemah dari orang Plegmatis. Kecenderungan mereka yang selalu ingin menyenangkan hati orang lain terkadang dimanfaatkan oleh pihak lain. Disamping itu, orang Plegmatis terkadang kurang termotivasi. Inisiatif adalah barang langka bagi orang Plegmatis. Biasanya mereka perlu diberikan pengarahan agar bisa bekerja dengan baik.

 

Keempat kepribadian di atas ada di sekitar kita. Dengan memahami keempat kepribadian ini, kita akan mengerti mengapa orang bersikap berbeda terhadap suatu peristiwa yang sama. Kitapun akan lebih arif menilai orang lain karena tahu bahwa tidak ada orang yang sama. Biasanya, kepribadian dipengaruhi oleh lingkungan dan keluarga. Jadi, mari bersikap lebih bijaksana dalam memberi penilaian terhadap orang lain terutama kepribadiannya.

 

2 thoughts on “Mengenal Empat Kepribadian Manusia

  1. sepintas buku menarik mengungkap kepribadian manusia yang selalu populer dan seiring perubahan jaman tidak akan pernah berubah…………..trima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s